JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak teknologi pada motor produksi massal yang asalnya dari dunia balap, khususnya MotoGP. Salah satunya adalah winglet, yang belakangan ini mulai banyak digunakan oleh beberapa produsen motor.
Winglet tersebut diaplikasikan pada motor berjenis superbike. Fungsinya sama seperti pada motor MotoGP. Peranti ini membantu memberikan daya tekan (downforce) agar motor tetap mendapatkan traksi secara maksimum.
Baca juga: Piaggio Kembangkan Teknologi Winglet Aktif ala MotoGP buat Skutik
Di MotoGP, tren penggunaan winglet dipopulerkan oleh Ducati. Saat itu, regulasi memaksa tiap pabrikan menggunakan ECU yang seragam yang membatasi beberapa pengaturan elektronik di motor.
Untuk menyiasatinya, Ducati mengandalkan perangkat aerodinamika, seperti winglet. Sempat mendapat cibiran, sekarang semua tim pabrikan juga mengikuti Ducati.
Berikut ini deretan superbike produksi massal yang dibekali dengan winglet:
1. Ducati Panigale V4
Panigale V4 bisa dibilang menjadi langkah awal Ducati meninggalkan konfigurasi mesin L-Twin yang sudah sangat identik pada pabrikan asal Italia tersebut. Konfigurasi mesin V4 yang digunakan juga sama dengan motor Ducati di MotoGP.
Jika dilihat spesifikasinya, mirip sekali dengan Desmosedici yang diturunkan Ducati di MotoGP, terutama dari sisi mesin.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimal 221 tk di 15.250 rpm dan torsi maksimal 112 Nm pada 11.500 rpm. Sementara bobot keringnya, hanya 172 kg saja.
2. Ducati Superleggera V4
Sukses dengan Panigale V4, Ducati kembali merilis Superleggera V4. Motor ini hampir sepenuhnya dibuat dengan bahan serat karbon, termasuk mesin, knalpot, ban, bahkan swingarm, roda hingga bodi motor.
Berbekal mesin 998 cc, Superleggera V4 mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 224 tk untuk versi standar. Ducati hanya memproduksi 500 unit motor ini untuk dijual ke seluruh dunia.
3. Aprilia RSV4 Factory 1100
Motor superbike ini sudah dibekali fairing aerodinamis yang lengkap dengan winglet. Tentunya, beberapa komponen serat karbon juga berkontribusi dalam membuat RSV4 Factory 1100 semakin memiliki performa yang luar biasa.
Aprilia RSV4 Factory 1100 menggunakan mesin V4 berkapasitas 1.078 cc, 4-silinder 65 derajat yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 217 tk dengan torsi mencapai 122 Nm.
4. Honda CBR1000RR-R
RC213V-S adalah replika dari motor MotoGP, RC213V. Tapi, Honda juga memberikan banyak teknologi yang terinspirasi dari kedua motor tersebut pada CBR1000RR-R.
Dengan desain yang aerodinamis dan agresif, motor ini dibekali mesin 4-silinder paling bertenaga dengan konfigurasi yang sama dengan Honda RC213V.
Mesin 999,9 cc, DOHC, 4-silinder segaris mengalami banyak peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Konfigurasi mesin ini sama persis dengan RC213V. Tenaga maksimalnya mencapai 160 kW pada 14.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 113 Nm pada 12.500 rpm.
5. Bimota Tesi H2
Bimota Tesi H2 sebenarnya adalah pengembangan dari Kawasaki Ninja H2. Jika diperhatikan bagian bodinya, masih terlihat ciri khas Ninja H2. Tapi, fitur dan gaya berkendara, serta yang lainnya dijamin berbeda.
Bimota merevolusi Ninja H2 dengan aplikasi suspensi depan menggunakan lengan ayun, seperti suspensi belakang. Seolah-olah mesin langsung terhubung dengan lengan ayun depan dan belakang.
Mesin yang digunakan sama seperti Ninja H2, yakni mesin berkapasitas 988 cc, 4-silinder segaris, supercharger, berpendingin cairan. Dapur pacunya menghasilkan tenaga sebesa 231 tk dan torsi hingga 141 Nm.
Bimota Tesi H2 menggunakan banyak material dari aluminium dan serat karbon. Makanya, bobotnya hanya 207 kg, lebih ringan 9 kg dari Ninja H2.
6. Kawasaki Ninja H2R
Kawasaki Ninja H2R sebenarnya tidak termasuk superbike yang legal digunakan di jalan raya, tapi tetap dijual secara umum. Meski tidak ikut bersaing di MotoGP, tapi Ninja H2R ikut mengadopsi penggunaan winglet.
Kawasaki Aerospace Company disebut turut andil dalam mendesain bagian aerodinamika lewat berbagai peranti serat karbon. Fairing membantu memaksimalkan pendinginan. Lekuk desain juga diklaim mempunyai hambatan angin yang kecil, dengan lubang hisap udara di bagian depan.
7. BMW M 1000 RR
BMW M 1000 RR atau disebut juga dengan BMW M RR mengambil basis dari S 1000 RR. Tentunya, dengan performa yang jauh lebih tinggi.
Motor ini menjadi seri M pertama untuk roda dua. BMW M RR juga dibekali dengan winglet dari material serat karbon. Begitu pula pada komponen bodi lainnya.
Sebagian bodinya juga disematkan material carbon, termasuk pada winglet. Bobot kotor pun hanya 192 kg. Sementara S 1000 RR, mencapai 204 kg.
Tenaga maksimumnya mencapai 212 tk pada 14.500 rpm dengan torsi puncak 113 Nm di putaran mesin 11.000 rpm.
"Sport" - Google Berita
September 24, 2020 at 06:21PM
https://ift.tt/2FNPF9y
7 Motor Sport dengan Winglet yang Dijual Secara Umum - Kompas.com - Otomotif Kompas.com
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update
Bagikan Berita Ini
0 Response to "7 Motor Sport dengan Winglet yang Dijual Secara Umum - Kompas.com - Otomotif Kompas.com"
Posting Komentar