Search

Peserta Offroad IOX Andalas Kesulitan di Brastagi

INILAHCOM, Brastagi - Dari 19 Tim peserta Indonesia Off-road eXpedition ((IOX) 2019 Andalas, yang start sejak Sabtu di Medan, tercatat hanya 3 Tim yang berhasil keluar dari track Siosar hingga Rabu (13/2/2019) sore.

Mayoritas peserta masih berjibaku untuk bisa keluar dari track kata Syamsir Alam, offroader nasional yang menjadi Team Leader IOX 2019 Andalas. Padahal menurut jadwal seluruh peserta sudah tiba di base camp Silalahi Rabu. Ini berarti mayoritas peserta tertinggal 2 hari dari jadwal tambah Syamsir.

Setelah start dari Lapangan Merdeka Medan pada hari sabtu, seluruh peserta saat tiba di Brastagi, langsung masuk track super ekstrim di Siosar dimana untuk menampung 81 kendaraan peserta dibagi dalam dua track yang sama beratnya. Peserta dialokasikan waktu 4 hari untuk melalap seluruh track.

Namun kenyataannya hanya peserta terdepan yang mampu memenuhi jadwal waktu yang ditentukan. Mayoritas tertahan di dalam track, akibat sulitnya track yang harus dilalui ditambah kerusakan di banyak kendaraan peserta akibat tidak mampu mengatasi kondisi track yang bejad.

Menurut Zulkarnain Danie atau Joel, Ketua Panitia IOX yang juga menjadi peserta dari Tim Badak Mopar, Track IOX 2019 Andalas kali ini adalah yang terberat dari seluruh event IOX yang pernah diikutinya. Padahal cuaca cerah dan tidak hujan. "Kalau saja hujan selesai kita semua," kata Joel.

Sejumlah peserta lain yang finish belakangan juga menyampaikan kepuasannya atas track off-road racikan Syamsir Alam yang super ekstrim ini. Semua setuju bahwa track ini yang terbaik dari seluruh event IOX. Bahkan ada track turunan tajam dimana sebagian peserta mengalami slink (tali) winch putus karena ekstrimnya turunan.

Putusnya slink winch adalah kejadian yang sebenarnya jarang terjadi. Kerusakan banyak dialami oleh peserta yang umumnya masalah dengan peralatan winch yang digunakan untuk menarik kendaraan di track tanjakan atau lumpur. Kerusakan di winch menunjukan winch bekerja terlalu keras karena medan yang ganas.

Selain kerusakan winch banyak peserta yang mengalami overheating (mesin panas) akibat mesin bekerja terlalu keras untuk melalui track. Peserta motor Dirt Bike IOX juga masuk ke area off-road namun dengan jalur yang berbada dengan kendaraan 4x4.

Usai finish di base camp 5 di Silalahi dan beristirahat di pinggir danau Toba yang indah, Kamis (14/2) rombongan IOX 2019 Andalas bergerak menuju base camp 6 di Dolok Sanggul yang masih di kawasan Danau Toba yang memberi kesempatan peserta menikmati keindahan wisata Danau Toba.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Peserta Offroad IOX Andalas Kesulitan di Brastagi : http://bit.ly/2USKbvQ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peserta Offroad IOX Andalas Kesulitan di Brastagi"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.