Search

Industri E-Sport Berdampak Positif ke Lapangan Kerja - Suara.com

Suara.com - Keberadaan e-sports di Indonesia juga berdampak pada perekonomian Indonesia. Salah satunya, pembukaan lapangan pekerjaan baru di sektor industri kreatif yang berimbas ke keuntungan terhadap sektor ekonomi yang tidak sedikit untuk Indonesia.

Ketua Umum Indonesia Esports Association (IESPA) Eddy Lim mengatakan, tak hanya menjadi atlet di industri ini, seseorang juga dapat berperan sebagai organizer, shoutcaster, konten kreator, dan berbagai profesi lain sesuai talenta.

"Tinggal bagaimana kita berpikir kreatif serta mengasah keahlian agar bisa masuk ke bidang-bidang tersebut," ujar Eddy dalam keterangannya, Selasa (14/1/2020).

Hal senada juga dikatakan oleh Pengamat Ekonomi dan juga Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo, menurutnya kompetisi e-sports yang banyak digelar di dalam negeri mempunyai peluang terhadap dampak ekonomi di Indonesia, seperti potensi devisa bagi negara dan termasuk penyerapan tenaga kerja.

"Saya setuju industri ini mampu mendatangkan devisa bagi negara dan juga karir baru bagi anak-anak muda di industri game berbasis online ini," kata Yustinus.

Menurutnya, industri e-sports dengan kompetisi yang banyak dilakukan, jangan dianggap sebelah mata tetapi sebagai peluang ekonomi dan dan dapat mengangkat nama baik Indonesia di luar negeri karena atlet yang berisi anak-anak muda telah sukses menjuarai berbagai macam game online tersebut hingga ke tingkat internasional.

Salah satu contoh industri di bidang e-sports yang disebutkan oleh Yustinus tersebut adalah permainan game mobile yang sangat digandrungi anak muda saat ini, PUBG Mobile yang sangat peduli dengan ekosistem e-sports di Indonesia. PUBG mobile sangat serius menjembatani para anak muda agar bisa melangkah menjadi atlet-atlet e-sports profesional.

Selain itu, PUBG Mobile juga berinvestasi miliaran rupiah dengan rutin menyelenggarakan kompetisi berjenjang di Indonesia di tingkat amatir ada PUBG College Championship, dan tingkat nasional PUBG Mobile juga menyelenggarakan PUBG Mobile Indonesia National Competition.

Di tingkat internasional, PUBG Mobile juga sukses mendatangkan devisa bagi Indonesia dengan mendatangkan tim-tim e-sports dari berbagai negara di Asia Tenggara untuk berkompetisi di PUBG Club Open South East Asia Final yang diselenggarakan di ICE BSD, Tangerang - Jakarta tanggal 22 - 23 Juni 2019 lalu.

Let's block ads! (Why?)



"Sport" - Google Berita
January 14, 2020 at 12:09PM
https://ift.tt/2QOWgmA

Industri E-Sport Berdampak Positif ke Lapangan Kerja - Suara.com
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Industri E-Sport Berdampak Positif ke Lapangan Kerja - Suara.com"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.