Search

Kimia Alizadeh Kabur dari Iran, Ini Peluangnya Ikut Olimpiade - Sport Tempo.co

TEMPO.CO, Jakarta -  Kimia Alizadeh, atlet putri pertama Iran yang meraih medali perunggu cabang taewondo Olimpiade, menyatakan membelot ke Eropa. Ia juga mengatakan, ingin tampil di Olimpiade 2020 Tokyo tidak atas nama Iran, namun sejauh ini belum ada pernyataan ia akan beralih jadi warga negara mana.

Kimia Alizadeh saat ini berada di kota Eindhoven, Belanda. Ia bergabung dengan atlet taekwondo lain berlatih untuk Olimpiade Tokyo tahun ini. 

"Alizadeh telah berlatih bersama kami sejak 18 Desember," kata Mimoun El Boujjoufi, pelatih taekwondo di Eindhohoven, Senin, 13 Januari 2020, seperti dikutip AFP.

Tampaknya Alizadeh harus bekerja keras untuk mewujudkan mimpinya bisa kembali tampil di Olimpiade dengan bendera negara lain. Hal itu karena ada ketentuan dari Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang mengatur kepindahan atlet secara ketat.

Aturan kewarganegaraan itu ada dalam Peraturan 41 dari Piagam Olimpiade. Dalam ketentuan ini, Alizadeh harus segera memiliki status kewarganegaraan baru. Tentu tidak mudah karena Olimpiade Tokyo berlangsung mulai 24 Juli - 9 Agustus 2020.

Di samping itu, ada ketentuan lain yaitu atlet yang pindah kewarganegaraan minimal tidak tampil atas nama negara lamanya dalam waktu 3 tahun terakhir. Kimia Alizadeh diketahui tampil terakhir untuk Iran pada Kejuaraan Asia 2018 ketika ia meraih perunggu.

Namun ada peluang lain, yakni memperkuat Tim Pengungsi IOC. Sejak Olimpiade 2016, IOC memberi kesempatan pada atlet pengungsi untuk bisa tampil di Olimpiade dengan bendera IOC. Hal yang sama juga akan dilakukan IOC pada Olimpiade 2020.

Menurut rencana, IOC akan mengumumkan Tim Atlet Pengungsi ini pada Juni mendatang.

DW.COM | IOC

Let's block ads! (Why?)



"Sport" - Google Berita
January 15, 2020 at 11:21AM
https://ift.tt/2FMWsfZ

Kimia Alizadeh Kabur dari Iran, Ini Peluangnya Ikut Olimpiade - Sport Tempo.co
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kimia Alizadeh Kabur dari Iran, Ini Peluangnya Ikut Olimpiade - Sport Tempo.co"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.