Search

E-sport dan Breakdance Masuk Cabor Asian Games Hangzhou 2022 - Validnews

HANGZHOU - Olahraga elektronik (E-sport) dan breakdance terkonfirmasi masuk cabang olahraga (cabor) Asian Games ke-19 di Hangzhou 2022. Kedua cabor tersebut disepakati setelah proposal dari Komite Penyelenggara Asian Games Hangzhou 2022 (HAGOC) disetujui Dewan Olimpiade Asia (OCA) pada Sidang Umum OCA ke-39 yang digelar secara daring di Muscat, Oman.

Dengan penambahan dua disiplin olahraga tersebut, total akan ada 61 disiplin dari 40 cabang olahraga di Asian Games Hangzhou 2022. E-sport masuk dalam kategori olahraga yang melibatkan pikiran, sementara breakdance diklasifikasikan dalam kategori olahraga tari.

HAGOC melaporkan persiapan Asian Games di Hangzhou meliputi pembangunan venue, pemasaran, upacara pembukaan dan penutupan, serta Asian Games cerdas.

"Kami memercayai Anda. Kami memiliki keyakinan bahwa dengan Anda, kami dapat memberikan salah satu gelaran Asian Games terbaik," kata Presiden OCA Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah dikutip dari Xinhua, Kamis (17/12).

Sebelumnya, breakdance ditambahkan sebagai cabang olahraga Olimpiade Paris 2024 awal bulan ini. Sementara E-sport memulai debutnya sebagai olahraga eksibisi di ajang Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

Asian Games 2022 akan diselenggarakan di Hangzhou, China, sedangkan Jepang akan menjadi tuan rumah edisi ke-20 pada 2026 di dua kota, yakni Nagoya dan Aichi. Sementara, Doha, Qatar, bakal jadi tuan rumah Asian Games 2030.

Berdasarkan rapat dewan eksekutif OCA yang berlangsung di Muscat, Oman, Doha ditetapkan sebagai tuan rumah Asian Games 2030 setelah mendapat suara terbanyak, yakni 27 suara dari negara anggota OCA.

“Saya sekarang dapat mengumumkan bahwa kota yang meraih suara terbanyak dan akan menjadi tuan rumah pada (Asian Games) 2030 adalah Doha,” kata Sheikh Ahmad Al-Fahad Al-Sabah.

Proses bidding tuan rumah Asian Games 2030 melibatkan dua negara, yakni Doha (Qatar) dan Riyadh (Arab Saudi).

Doha pernah menjadi tuan rumah Asian Games pada 2006, sementara Arab Saudi sama sekali belum pernah menggelar multievent olahraga OCA.

Oleh karena itu, demi terciptanya win-win solution dan menghindari konflik antarnegara, presiden OCA menetapkan Riyadh, yang hanya mendapat 10 suara dalam voting, sebagai tuan rumah Asian Games 2034.

“Riyadh akan menjadi kota tuan rumah pada 2034,” ucap Al-Fahad Al-Sabah.

Qatar, yang juga menyatakan diri ikut dalam bidding Olimpiade 2032, berharap pada Asian Games 2030 lebih banyak lagi atlet Asia yang naik podium Olimpiade.

“Tujuan kami sederhana. Kami ingin melihat lebih banyak atlet Asia di masa depan, di podium Olimpiade," kata Ketua Komite Olimpiade Qatar Joaan bin Hamad bin Khalifa Al-Thani menjelang pemungutan suara. (Yanurisa Ananta)

Let's block ads! (Why?)



"Sport" - Google Berita
December 18, 2020 at 10:05AM
https://ift.tt/2K8W9Sy

E-sport dan Breakdance Masuk Cabor Asian Games Hangzhou 2022 - Validnews
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "E-sport dan Breakdance Masuk Cabor Asian Games Hangzhou 2022 - Validnews"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.