Search

BREAKING NEWS: Mantan Atlet Renang Lukman Niode Meninggal - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Mantan atlet renang Indonesia, Lukman Niode, meninggal, hari ini, Jumat, 17 April 2020. Pria yang akrab disapa Lukie ini tutup usia di 56 tahun.

Lukman meninggal di Rumah Sakit Pelni, Jakarta, sekitar pukul 12.58 WIB. Sebelumnya beredar kabar bahwa Lukie berstatus sebagai Pasien Dalam Pemantauan atau PDP virus corona atau Covid-19.

Kepala Bidang Pembinan dan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia, Wisnu Wardhana, membenarkan kabar kematian Lukman.

Menurut Wisnu, sebelumnya Lukman mengalami komplikasi. "Komplikasi phenomia dan ginjal," ujarnya saat dihubungi Tempo, Jumat, 17 April 2020.

Mengenai informasi terkena Covid-19, Wisnu tak bisa memastikan. Ia hanya tahu saat di bawa ke rumah sakit masih sesak napas saja. "Kalau hasil tesnya belum tahu itu," kata dia.

Lukman memulai debut pertamanya sebagai atlet renang di kancah internasional di kejuaraan yang berlangsung di Bangkok Thailand pada 1973. Saat itu, dia menempati urutan keempat. Namun, tiga tahun kemudian, ia berhasil memboyong sembilan medali emas di Kejuaraan Nasional.

Pada PON 1977, Lukman menyabet 10 medali emas. Di PON berikutnya, 1980, dia meraih tujuh medali emas.

Lukman mendapat kesempatan belajar di Amerika Serikat pada 1981 dengan biaya dari KONI Pusat. Ia bersekolah di Cypress Hingh Scholl Los Angles. Kemudian dia melanjutkan pendidikannya ke Golden West College di Los Angeles.

Pada SEA Games 1983, Lukman meraih dua medali emas. Ia juga memecahkan rekor lama Asia atas nama Kenji Ikeda dari Jepang, dengan satu detik lebih cepat. Setahun berselang, ia tampil di Olimpiade Los Angeles. Tetapi saat itu dia gugur di babak penyisihan.

Sekretaris Kementrian Pemuda dan Olahraga, Gatot S. Dewa Broto, menyampaikan duka cita atas meninggalnya Lukman Niode. "Almarhum adalah satu ikon atlet terbesar, khususnya di cabang olahraga renang yang pernah kita miliki," kata Gatot.

IRSYAN HASYIM

Let's block ads! (Why?)



"Sport" - Google Berita
April 17, 2020 at 02:36PM
https://ift.tt/2KeNryh

BREAKING NEWS: Mantan Atlet Renang Lukman Niode Meninggal - Tempo
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BREAKING NEWS: Mantan Atlet Renang Lukman Niode Meninggal - Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.