Search

KOI Berkomunikasi dengan IOC untuk Dapatkan Olympic Solidarity - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Raja Oktohari mengatakan belum bisa memastikan jumlah anggaran yang bakal diberikan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) dalam bentuk Olympic Solidarity.

Oktohari yang juga Ketua Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) mengatakan, KOI masih tahap berkomunikasi dengan organisasi pimpinan Thomas Bach itu untuk bisa mendapatkan dana bantuan dari program Olympic Solidarity.

"Hanya laporan, solidarity program itu jatah setiap negara. Cuman itu bakal dilaporin (kebutuhan dan penggunaan),dana itu setiap tahun ada," kata Oktohari saat dihubungi Tempo, Senin, 27 April 2020.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) berkomitmen menambah subsidi kepada Komite Olimpiade Nasional sebagai persiapan Olimpiade 2020 Tokyo.

Dana yang dikucurkan merupakan bagian dari Program Olympic Solidarity. Melalui situs resminya IOC menyebutkan dana kepada NOC mengalami peningkatan sebanyak US $ 10,3 juta atau Rp 160 miliar. Total dana yang disediakan oleh organisasi pimpinan Thomas Bach sebanyak US$ 57 juta atau Rp 877,8 miliar.

Anggota Komite Eksekutif (Exco) Komisi Atlet, Suryo Agung sempat membicarakan Program Olympic Solidarity dalam rapat koordinasi bersama Presiden IOC Thomas Bach. Mantan atlet lari ini menyebuktan dalam kondiai normal harusnya Olympic Solidarity berakhir pada tahun pelaksanaan Olimpiade yakni 2020 ini.
"Berhubung dengan adanya pandemi corona ini, Olympic juga diundur ke 2021. Jadi Olympic Solidarity itu diperpanjang," kata dia.

Suryo menuturkan Olympic Solidarity memiliki beberapa program. Dalam rapat bersama Thomas Bach, kata dia yang lebih spesifisik dibahas antara lain beasiswa untul atlet. "Olympic solidarity scholarships, itu salah satu yang diperpanjang sampai penyelenggraan Olimpiade tahun 2021 di Juli," ujar dia.

Olimpic Solidarity juga memberikan dana beasiswa kepada atlet yang mempersiapkan diri menuju Tokyo 2020. Dana yang disediakan yakni US$ 15 juta (Rp 231 miliar) untuk 1.600 atlet dari 185 NOC di dunia.

Menurut dia, dana bantuan IOC melalui Olympic Solidarity rutin setiap tahun diberikan. Namun, kata Suryo tidak semua NOC menerima dana subsidi itu. "Pencairan tergantung siapa yang minta," kata dia.

Suryo memberi contoh pada perayaan Olympic Day setiap 23 Juni. Bakal ada kegiatan Olympic Day Run yang bisa dibiayai oleh IOC dengan syarat NOC memberikan proposal kegiatan. Mekanisme yang sama juga berlaku pada workshop women in sports day.
"Kalau NOC membuat kegiatan, terus meminta bantuan ke IOC akan kasih."

Contoh ada NOC yang menyelenggarakan Olympic Day Run tapi tidak minta  dana ke IOC berarti dia punya dana sendiri, bisa jalan sendiri. Tapi ada NOC yang minta ke IOC dengan syarat yang sudah ada," kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"Sport" - Google Berita
April 27, 2020 at 05:23PM
https://ift.tt/3aAw3Pq

KOI Berkomunikasi dengan IOC untuk Dapatkan Olympic Solidarity - Tempo
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KOI Berkomunikasi dengan IOC untuk Dapatkan Olympic Solidarity - Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.