Search

L'Etape Indonesia by Tour de France Diharap Berdampak Besar - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Ajang balap sepeda bertajuk L'Etape Indonesia by Tour de France akan digelar di Kuta Mandalika, Lombok, pada 5 April 2020. Lomba ini tak hanya ditujukan memberikan pengalaman berharga bagi para peserta, juga dampak langsung maupun tidak langsung terhadap pariwisata Indonesia.

Balapan itu disebut akan menghadirkan sensasi balap sepeda ala Tour de France. Lomba itu akan memperebutkan kategori jawara tanjakan King of Mountain, jawara sprint, dan pemenang lomba secara umum. Bedanya, kawasan yang digunakan untuk arena L'Etape ini merupakan kawasan dengan ekonomi khusus pariwisata yang ditetapkan oleh pemerintah.

Lombok yang dijuluki The New Bali ini akan menawarkan pemandangan yang indah dengan jajaran pantai berpasir putih. "Kuta Mandalika menjadi salah satu fokus pariwisata yang sedang dikembangkan oleh pemerintah provinsi. Secara infrastruktur dan jalur, Kuta Mandalika siap menjadi penyelanggara sport event berskala internasional," ujar Gubernur Nusa Tenggara Timur, Zulkieflimansyahm di Jakarta, Rabu, 26 Februari 2020.

Event Director dari L'Etape Indonesia by Tour de France, Zacky Badrudin mengatakan kegiatan itu diharapkan akan menjadi salah satu penggerak bidang ekonomi kreatif. Kehadirannya diharapkan akan membantu perputaran ekonomi dan peningkatan pendapatan yang akan dirasakan langsung oleh daerah setempat.

Apalagi dengan lokasi yang berada di Lombok bisa menjadi tujuan yang pas bagi para peserta, "Cocok buat cycling paradise, ada gunung, jalanannya bagus, pedesaan, pantai, semuanya dapet," kata Zacky." Ia juga menambahkan kalau sebanyak 1300 peserta yang terdaftar, 80 persen dari Indonesia.

Anggota DPR RI Komisi 1, Muhammad Farhan, dalam sambutannya, mengakui krisis turis sudah di depan mata, "Maka dari itu kita harus bisa mendorong pengunjung domestik sebanyak-banyaknya, dengan antusias pencinta sepeda dan sport tourism yang banyak, bisa menciptakan daya daya beli yang tinggi."

Rizky Handayani Mustafa, Direktur Pariwisata Minat Khusus Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menambahkan, "Kita tidak hanya melihat dampak event itu seperti pendatang, transportasi, cenderamata, penginapan. Tapi kita bisa lihat dampak ke depannya. Lombok bisa dikenal sebagai tempat untuk bersepeda, mungkin nanti bisa 30 atau 50 orang datang ke sini."

L'Etape Indonesia Tour de France ini dipersembahkan oleh Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization). Selama 2020, acara bertaraf internasional ini akan dilaksanakan 20 kali dengan 13 negara sebagai tuan rumah, meliputi Kolombia, Swiss, Amerika, Meksiko, Cina, Australia, Thailand, dan Indonesia.

Di Indonesia start dan finis akan berada di pantai, tepatnya Kuta Beach Mandalika dengan jarak trek 135 km untuk kategori jarak jauh dan 70-80km untuk jarak dekat.

NURUL FARA

Let's block ads! (Why?)



"Sport" - Google Berita
February 26, 2020 at 04:28PM
https://ift.tt/2Vkx3Dj

L'Etape Indonesia by Tour de France Diharap Berdampak Besar - Tempo
"Sport" - Google Berita
https://ift.tt/35r9aeK
Shoes Man Tutorial
Pos News Update
Meme Update
Korean Entertainment News
Japan News Update

Bagikan Berita Ini

0 Response to "L'Etape Indonesia by Tour de France Diharap Berdampak Besar - Tempo"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.