Search

500 Pecatur Ikut Turnamen Peringati Hari Pahlawan

INILAHCOM, Jakarta - Lebih dari 500 pecatur non-master dan master wanita di bawah 15 tahun mengikuti turnamen catur dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang memperebutkan Piala M Hatta Taliwang, Minggu (18/11/2018) di Gedung Gramari, Jakarta.

Tidak seperti sebelum-sebelumnya, turnamen kali ini hanya hanya memperebutkan piala tunggal atas nama Hatta Taliwang. Beberapa waktu lalu, turnamen catur digelar dengan trofi hasil kerja sama Hatta Taliwang dengan beberapa tokoh politik dan aktivis, seperti Hariman Siregar dan Maruarar Sirait.

"Ini tunggal, hanya memperebutkan Hatta Taliwang. Trofi ini sebagai penghargaan dari kawan-kawan karena saya sudah banyak menggelar turnamen-turnamen catur dan sukses luar biasa," ujar Hatta, Minggu (18/11/2018).

Dalam turnamen ini, peraturan permainan yang dipergunakan adalah peraturan FIDE terkini yang disesuaikan dengan peraturan Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) terbaru yang berlaku resmi mulai 1 Januari 2018.

Sementara, sistem pertandingan menggunakan sistem Swiss 10 babak dimana per babak menghabiskan waktu 30 menit dan batas WO adalah 10 menit.

"Turnamen ini dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. Kita ingin kita semua, kawan-kawan pecatur dapat mengenang, mengingat, dan merenungkan bagaimana perjuangan para pahlawan. Jadi ini penting agar para pecatur tidak lupa dengan para pahlawan kita," tambah Hatta.

"Kami akan mengambil 100 peserta terbaik. Mereka semua akan dapat uang tunai. Untuk juara 1 sebesar 10 juta Rupiah, juara 2 sebesar 7,5 juta Rupiah, juara 3 sebesar 5 juta Rupiah dan seterusnya," tambahnya.

Turnamen semakin meriah setelah Ketua DPR RI Bambang Soesatyo turut hadir dalam turnamen tersebut. Tidak hanya Bamsoet, sapaan akrabnya, dua politikus kawakan DPR juga tampak meramaikan acara ini, yaitu Maruarar Sirait dan Misbakhun.

Bamsoet bertekad akan mengakomodasi 1000 pecatur Indonesia untuk bermain catur di lapangan DPR RI. Ia akan menggelar turnamen catur untuk memperebutkan Piala Ketua DPR RI.

"Maret nanti saya siap gelar seribu pecatur untuk main di lapangan bola di DPR. Hadiah utama motor NMAX," ucap politikus Golkar tersebut.

Sementara itu, Maruarar Sirait yang juga merupakan Pembina Pengurus Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB Percasi) penyenggara turnamen kali ini, Hatta Taliwang setinggi langit. Menurut Ara, sapaan akrabnya, Hatta Taliwang merupakan sosok yang bertanggung jawab, karena selalu sukses menggelar turnamen catur.

"Saya merasa Bang Hatta ini bekerja dengan hati dan profesional. Bang Hatta konsisten, saya pelajari Bang Hatta dengan timnya, betul-betul bekerja dengan hati," kata pria yang akrab disapa Ara.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan 500 Pecatur Ikut Turnamen Peringati Hari Pahlawan : https://ift.tt/2S0cozl

Bagikan Berita Ini

0 Response to "500 Pecatur Ikut Turnamen Peringati Hari Pahlawan"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.