Search

Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023

INILAHCOM, Jenewa - Indonesia mencatatkan sejarah karena untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023. Kepastian tersebut didapat usai pemilihan di Jenewa, Swiss, Sabtu (9/12/2017).

Dalam pemilihan calon tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA 2023, Indonesia menyisihkan Argentina dan Uruguay yang juga mencalonkan menjadi tuan rumah bersama. Dengan demikian, Indonesia menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Ini merupakan pertama kalinya tuan rumah Piala Dunia Basket FIBA dilaksanakan dilebih dari satu negara. Sebelumnya di kejuaraan benua basket FIBA digelar tahun 2014 di Spanyol, tahun 2019 akan di gelar di China.

Sekjen FIBA, Patrick Baumann menyatakan, terpilihnya Indonesia, Filipina dan Jepang karena memiliki semangat yang tinggi dalam mempersiapkan diri. Selain itu jumlah penduduk lebih 500 juta jiwa yang mayoritas usia muda menjadi daya tarik tersendiri.

"Kita telah meninjau kesiapan semua calon tuan rumah, dan Indonesia bersama Filipina dan Jepang merupakan perpaduan tepat untuk diberi kesempatan menjadi penyelenggara ajang basket tertinggi di dunia ini," kata Baumann.

Dalam presentasi final kemarin, dijelaskan tiga prinsip yang diunggulkan dalam menjadi tuan rumah piala dunia Basket FIBA 2023 yakni kesederhanaan dalam desain turnamen untuk memastikan fokus atlet dan olahraganya. Hanya lima tempat di tiga kota dan tempat kompetisi yang berada dekat dengan akomodasi, media, medis dan layanan penting lainnya, hadir dalam acara tersebut dapat eksplorasi Manila, Jakarta, dan Okinawa dengan mudah dan efektif.

"Ini bukan hanya sejarah baru bagi Indonesia. Namun juga bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Ini bentuk kepercayaan dunia internasional terhadap Indonesia. Dan kita harus menjawab kepercayaan ini dengan menjadi tuan rumah yang baik," ungkap Presiden SEABA, Erick Thohir.

"Ini juga sejalan dengan keinginan Pemerintah, yang ingin lebih sering menggelar kejuaraan internasional. Keberhasilan ini juga membuka peluang Indonesia menjadi tuan rumah ajang olahraga yang lebih tinggi dan bergengsi lainnya seperti Olimpiade maupun Piala dunia sepak bola di masa mendatang," tambah pria yang juga menjabat Ketua Umum KOI.

"Apalagi kita memiliki venue Asian Games yang harus dimanfaatkan. Jangan sampai venue tersebut terlantar. Sebagai bangsa kita patut bangga karena ini salah satu ajang paling bergengsi dan tentunya dapat dimanfaatkan secara positif," tandasnya.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023 : http://ini.la/2423505

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia Basket 2023"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.