Search

Korea Bersatu Tertarik Gelar Olimpiade 2032

INILAHCOM, Jakarta - Korea Selatan dan Korea Utara bakal bergabung untuk mengajukan diri sebagai tuan rumah Oimpiade 2032 bersaing dengan empat negara lainnya.

Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan bersejarah antara Presiden Korsel, Moon Jae-in, dengan pemimpin Korut, Kim Jong-un, di Pyongyang awal pekan ini.

Sejak terpisah akibat perang Korea pada 1950, inilah kunjungan pertama presiden Korsel ke Korea Utara yang akan disusul kunjungan balasan oleh Kim Jong-un beberapa bulan mendatang.

Korea Utara dan Korea Selatan akan bersaing dengan empat negara lainnya seperti India, Australia, Cina dan Indonesia yang juga tertarik menjadi penyelenggara Olimpiade 2032. Indonesia tertarik mencalonkan diri sebagai tuan rumah menyusul kesuksesannya menggelar Asian Games 2018.

Korsel pernah menjadi tuan rumah Olimpiade di tahun 1988 atau 30 tahun lalu. Di tahun ini, Negeri Gingseng tersebut akan menggelar event Olimpiade musim dingin di kota PyeongChang.

Sedangkan Korea Utara yang tertutup dari dunia luar dikabarkan memiliki stadion dengan kapasitas penonton terbesar di dunia yang diberi nama May Day Stadium yang bisa menampung 150 penonton.

Saat gelaran Asian Games 2018 kemarin, untuk pertama kalinya kontingen Korsel dan Korut berada di bawah satu panji bendera Korea Bersatu. Bahkan, kontingen Korea bersatu berhasil meraih total empat medali yang terdiri dari satu medali emas dan dua perunggu dari cabor Kano serta satu medali perak dari cabor Basket.

Sumber: BBC

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan Korea Bersatu Tertarik Gelar Olimpiade 2032 : https://ift.tt/2Df1G5P

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Korea Bersatu Tertarik Gelar Olimpiade 2032"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.