Search

INASGOC Belum Dapat Pencairan Dana dari Pemerintah

INILAHCOM, Jakarta - Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 menghadapi permasalahan dana dari pemerintah yang belum cair. Mereka juga belum dapat memanfaatkan dana dari sponsor.

Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) sebenarnya sudah menjalin kesepakatan dengan beberapa sponsor seperti perushaan asal Tiongkok, 361, Ssang Yong Information and Communication, dan Swiss Timing.

Sayangnya, dana dari sponsor belum bisa digunakan karena Badan Layanan Umum (BLU) yang dibentuk sebagai penyedia barang/jasa tanpa berorientasi pada keuntungan belum dibentuk.

Selain itu, INASGOC juga belum menjalin kerjasama dengan Olympic Council of Asia (OCA) dalam penggunaan rekening bersama. Nantinya, setiap sponsor yang masuk ke Indonesia, 50 persennya menjadi hak OCA.

"Sponsor target kami Rp 1 triliun, tapi perjanjian dengan OCA itu 50 persen dari sponsor adalah hak mereka. Nah, berarti yang kami harapkan bukan Rp 1 triliun tapi mungkin Rp 500 miliar saja," kata Presiden INASGOC, Erick Thohir, dalam konferensi pers, Selasa (18/7/2017).

"Tapi, kami juga harus negosiasi dengan OCA bahwa sesuai perjanjian host city contract, bahwa seluruh pemasukan ada rekening bersama. Rekening itu hanya bisa digunakan setelah pembukaan 18 Agustus 2018 sedangkan keperluan dana sponsor tidak bisa menunggu saat pembukaan. Nah, ini yang sedang kami negosiasikan dari sponsor yang sudah masuk dari OCA ada Swiss Timing, 361 dan Ssang Yong," ujarnya melanjutkan.

"Sementara dari BUMN insyallah awal Agustus akan ada penandatanganan sedangkan yang dari swasta kami sedang siapkan perangkat BLU-nya," ungkap dia

Erick beharap ada wujud komitmen nyata dari kementerian terkait, juga tak menutup pintu bagi pihak swasta yang ingin menjadi sponsor.

"Nah, saya mengharapkan swasta lebih support. Kami tahu dengan kelemahan daya beli ada penghematan sana sini tapi ini untuk negara dan tentu kami sebagai panpel akan memberikan pelayanan yang baik juga agar produk produknya baik. Nah ini kami tunggu untuk swastanya," ia memungkasi.

Let's block ads! (Why?)

Baca Kelanjutan INASGOC Belum Dapat Pencairan Dana dari Pemerintah : http://ini.la/2391841

Bagikan Berita Ini

0 Response to "INASGOC Belum Dapat Pencairan Dana dari Pemerintah"

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.